Sholat Dzuhur 2 Kali Sehari

06.49 / Diposting oleh Richi Rich /

Pasuruan, kotanya Islami. Paling tidak saya menilai dari pada saat sholat Dzuhur di Masjid Jami’ Alun-alun. Banyak orang arabnya (hidung mancung dan kulit kemerah-merahan..). sholatnya juga tidak terburu-buru kalo berjamaah. Sejuk berangin-angin, karena saya sholat di sebelah jendela besar...


Pasuruan, kotanya Islami. Paling tidak saya menilai dari pada saat sholat Dzuhur di Masjid Jami’ Alun-alun. Banyak orang arabnya (hidung mancung dan kulit kemerah-merahan..). sholatnya juga tidak terburu-buru kalo berjamaah. Sejuk berangin-angin, karena saya sholat di sebelah jendela besar, pojok kanan saf paling depan. Tapi bukannya berburuk sangka sih, kata teman saya yang asli Pasuruan, hati-hati kalo naruh sepatu. Sebab penjaga nya Cuma menjaga 15 menit sebelum dan setelah sholat dilaksanakan. Tapi Alhamdulillah, kemarin sepatu Buccheri saya masih di tempat.
Ada pengalaman unik seputar sholat. Kalo di Probolinggo, saya pernah sholat Dzuhur 3 rakaat, maka di Pasuruan lain lagi. Sewaktu saya mendatangi Pondok Pesantren Sidogiri, di daerah kecamatan Keraton. Kebetulan waktu itu sudah pukul 12.00 wib. Otomatis kan udah masuk waktu Dzuhur tuh, karena biasanya adzan sudah berkumandang pukul 11.30 wib. Saya mencari masjid, ketemu musholla. Ada suara merbot yang lagi melagukan Asmaul Husna. Di musholla Cuma ada satu orang (ya merbot itu tadi). Saat saya berwudhu, sekilas saya melihat perempuan bermukena lengkap masuk musholla. Pikir saya, alim-alim banget orang sini, suka beriktikaf rupanya.
Habis wudhu, saya masuk ke musholla. Merbot yang ber-Asmaul Husna berhenti sejenak melihat saya, dan saya Cuma tersenyum kecil. Dia lalu meneruskan Asmaul Husna, dan saya tidak membuang waktu lagi, langsung sholat dzuhur.
Setelah selesai sholat, merbot tadi lalu berkata:"Silakan Mas, sampeyan jadi Imam". Saya bingung dana baru sadar klau merbot ini, ternyata ber-Asmul Husna untuk menunggu teman berjamaah. Saya mengelak:"Maaf, tidak afdol kalau saya yang pendatang menjadi Imam..".
Merbot: "Saya tadi sudah adzan, sudah ber-Iqomah, masa' jadi Imam juga? Serakah donk kalo gitu.."
Akhirnya saya tidak bisa mencari dalih lain, maju ke mihrab, dan sholat Dzuhur untuk yang kedua kalinya..... Allahu Akbar..

Label:

0 komentar:

Posting Komentar